Recent Posts

Thursday, October 24, 2019

Ilmu Seni Jaga Diri Al-Hikmah Cabang Sintang Kalbar


ILMU SENI JAGA DIRI AL-HIKMAH MAJELIS TAKLIM YAYASAN PERGURUAN AL-HIKMAH CABANG SINTANG
Salah satu kewajiban umat Muslim adalah berdakwah. Sebagian  ulama ada yang menyebut berdakwah itu hukumnya fardu kifayah (kewajiban kolektif), sebagian lainnya menyatakan fardu ain.
Pada awal Juli 1984 K.H Moh Syaki Abdus Syukur. Selaku pimpinan Perguruan Al Hikmah dan guru besar ilmu
 Al-Hikmah mengundang Ust H Abd Kadir Rahman, Ust H Warlan, Ust Panji Sempena dan Sdr Sumarlianto S.H
serta Ust H.M Kamad Lz untuk bermusyawarah bersama di Cisoka(BANTEN-JABAR). Dlm musyawarah
dirumuskan beberapa pemikiran diantaranya :
1. Misi Da'wah Perguruan Al Hikmah harus dikembangkan terus ke berbagai pelosok tanah air,oleh perawat dan  pembina masing-masing.
2. Usaha dan kegiatan para perawat di daerah perlu diorganisir oleh organisasi yg berbadan hukum agar tdk dianggap organisasi liar sebab guru besar akan menginstrusikan seluruh anggota dan perawat. Pembina perguruan Al Hikmah keluar,mengundurkan diri dari yayasan Al Hikmah.
3. Dengan adanya wadah organisasi yg berbadan hukum terbitlah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yg dpt menjalin hubungan baik sesama anggota dan para perawat pembina dlm menjalankan tugas dan kewajiban da'wah sosial keagaman melalui ILMU JAGA DIRI AL HIKMAH.
Bertitik tolak dari memikiran tsb. Maka K.H Moh Saki Abd Syukur dan beberapa org yg ditunjuk sebagai badan pendiri, mendirikan Yayasan Perguruan Al Hikmah pada tgl 1 Juli 1984 di hadapan Notaris Mohamad Said Tadjoedin dgn Akte notaris No.77 Tanggal 8 agustus 1984 dan disyahkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah No.103 ditandatangani oleh PANITERA MAHDI SOROINDA NST SH NIP.040028810.
PASAL: 3 ANGGARAN DASAR D AN RUMAH TANGGA(ADRT) YAYASAN :
Yayasan Perguruan Al-Hikmah berdasarkan PANCASILA dan UUD 1945
MAKSUD DAN TUJUAN :
Yayasan ini bernaksud dan bertujuan:
    a.Mensyiarkan Agama islam dengan memperluas ajara AHLUSSUNNAH WAL JAM AH
    b. Membentuk masyarakat yang berilmu ,berbudaya,beramal sholeh,serta bertaqwa kepada ALLAH
    C.Membantu pemerintah RI seutuhnyadengan melelakukan usaha-usaha sosial,ekonomi,pendidikan dan kebudayaan dalam arti yang seluas-luasnya.
Pada Tanggal 04 September 1992 , Abah Haji Bastaman,B.Sc mendapat Amanah dari
 Al-MUKARROM  KH.ABDUL KADIR RAHMAN
Selaku Guru dan Ketua UMUM YAYASAN PERGURUAN ALHIKMAH PUSAT DI JAKARTA:
“Mengangkat dan sekaligus menunjuk Abah H.BASTAMAN,B.sc bin H.Abdul Muis  Lahir Mempawah Pada Tangal 03 Nopember 1957 menjadi PERAWAT dan KETUA Organisasi Yayasan Perguruan
 Al-Hikmah Wilayah Kalimantan Barat
dengan SK No.09.YPAPR.KLB.IX.1992 “Yang saat pengesahan itu dihadiri oleh Guru Beliau Ust.Urip Masito,Badan Pendiri,Pengurus dan Penasehat Yayasan Perguruan Al-Hikmah serta Ikhwan Al-Hikmah Kalimanatan Barat.
Dengan  Dasar ini kami al-hikmah cab.Sintang bersemangat Mensyiarkan dan mendakwahkan
 Al-HIKMAH Sebagai Amanah dari Abah Guru dan Para sesepuh Al-HIKMAH dengan Konsep 3M :
1.Mulai dari diri sendiri ,,,
2.Mulai dari hal yang kecil ...
3. Mulai dari saat ini...!..semoga Allah menyertai dan meridhoi Perjuangan (jihad )Syiar dan dakwah Al-hikmah Sebagai Amanah dari Abah Guru dan Para sesepuh Al-HIKMAH.
Kami haNya WAJIB berusahA, tapi tidak wajib berhasil,semua urusan kami serahkan kepada kepada ALLAH setelah DOA-ZIKIR, Fikir,Dan IKHTIAR untuk itu kami
Majelis Taklim Yayasan Perguruan Alhikmah Cabang Sintang- Sepauk Dakwah melalui media :

A. PENDIDIKAN DAN DAKWAH
Pentingnya pendidikan karena uang(ekonomi) tidak pernah datang karena keberuntungan.
 Uang datang dari pengetahuan(ILMU), pengalaman, dan upaya besar(Kemuan/Tekat/Niat) Nabi Sulaiman pernah diberikan 3 pilihan yaitu : Pilih Ilmu? Harta? atau Tahta? dan Nabi Sulaiman dengan tegas memilih ILMU, dan terbukti pilihan ilmu adalah pilihan terbaik karena dengan ilmu maka Harta(uang) dan Tahta(Kerajan,wanita)) beliau dapatkan Dan ilmu agama untuk Meraih tahta/pangkat TAQWA Dia akhirat, maka dengan dasar  ini kami berusaha mendirikan
1.Majelis Taklim zikir dan Doa AL-Hikmah Sepauk
2.TK ALHIKMAH/Raudhotul Athfal (TK Muslim) Al-Hikmah Sepauk -
Berdasarkan SK Kantor Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Barat Dengan No. KEP-
3177/KW.142/5/PP.01.1/05//2018,MAJELIS TAKLIM YAYASAN PERGURUAN AL-HIKMAH CABANG  SINTANG-SEPAUK mendapatkan ijin  operasional untuk mendirikan:
Nama Madrsah : RA(TK) AL-HIKMAH
Status di Akui NKRI Nomor Statistik Madrasah : 101261050007
Alamat  TK Al-hikmah :Jln.Pangeran .Laksaman Zaenal Abidin NO,17 Gg.Forex Dusun Batu Belian RT/RW/08/04 Desa Tanjung Ria Kec.Sepauk Kab.Sintang
Kepala Sekolah RA(TK) AL-HIKMAH: MARSUDI PURNOMO,S.P d
Nama Organisasi Penyelenggara : YAYASAN PERGURUAN AL-HIKMAH WILAYAH KALIMANTAN BARAT CABANG SINTANG PERAWAT  KH.BASTAMAN,B.Sc
KEMENKUMHAM : R.I Nomor: KEP :AHU-0030662.AH 01.04 Tahun 2016 dan 04 Agustus 2016 DKI JAKARTA
dgn akte notaris: No.02 Dan Tanggal 28 Juli 2016
 Nama Notaris : Ade Irvanni,SH
NPWP Yayasan : 81.337.708.2-031.000

B.EKONOMI DAN BISNIS :
Di antara kekuatan penunjang dakwah adalah dukungan dana (da’mul maali). Sirah kehidupan Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wa Sallam sebagai penghulu dakwah telah menunjukkan peran besar ekonomi dalam dakwah.
-Siapa bilang Rasulullah adalah miskin. Rasulullah bukan miskin, akan tetapi zuhud menurut arti yang sebenarnya. Setiap hari, Rasulullah memberi makan tidak kurang dari 300 orang sahabat. Berapakah kekayaan Rasulullah jika dihitung dengan nilai hari ini? Setara dengan 1.462.000 gram emas!
Umat Islam harus kuat dan menguasai ekonomi. Setiap mukmin dituntut menjadi orang kaya supaya ia bisa menyempurnakan keislamannya. Jadilah mukmin yang berinfak, mukmin yang berzakat, mukmin yang berwakaf, mukmin yang menunaikan ibadah haji, dan mukmin yang tangannya selalu terbuka menolong kesulitan saudaranya. Setiap mukmin, apalagi ulamanya, harus mencita-citakan gambaran hidup seperti itu.
Berkali-kali Al-Quran dan Hadis Rasul menekankan tentang keutamaan orang-orang yang berjihad Dan berdakwah dengan hartanya. Bagaimanakah jadinya jika semua mukmin hidupnya miskin? oleh karena itu Fokuslah Untuk Kehidupan Akhiratmu, Namun Jangan Lupakan Duniamu
Allah Ta’ala berfirman dalam surah Al-Qashash ayat 77
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
Artinya:“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi(surah Al-Qashash ayat 77)
 dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (surah Al-Qashash ayat 77)
RASULULLAH BERSABDA:
(
رواه احمد) الرزق اعشار تسعة فيها فان بالتجارة عليكم
“Hendaklah kamu kuasai bisnis Karena 90 % pintu rezeki ada dalam bisnis”. (H.R.Ahmad)
-Peran Eknomi Dalam Dakwah
Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Na’im:
كَادَ اْلفَقْرُ أَنْ يَكُوْنَ كُفْرًا
Artinya: “Kemiskinan itu dekat kepada kekufuran.”( HR. Abu Na’im)
Kejahatan dan kemaksiatan yang saat ini merajalela pada umumnya disebabkan karena faktor ekonomi. Karena itu terdapat korelasi yang sangat kuat antara dakwah dan ekonomi….. Masyarakat yang lapar akan sulit menerima dakwah, dan dakwah akan sulit terselenggara tanpa kekuatan ekonomi DAN penyakit 3 K(KASONG KANTONG,KOSONG PERUT,KOSONG IMAN) Melanda Umat.
Di antara kekuatan penunjang dakwah adalah dukungan dana (da’mul maali). Sirah kehidupan Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wa Sallam sebagai penghulu dakwah telah menunjukkan peran besar ekonomi dalam dakwah. Nabi diangkat sebagai Rasul yang menerima wahyu dan mengajarkannya kepada masyarakat dalam usia 40 tahun. Dalam usia ini Nabi adalah seorang pedagang yang sukses, beliau telah mengembangkan perusahaan milik isteri beliau, Khadijah RA. Di masa remajanya beliau pernah ikut kafilah dagang sampai ke Syam. Setelah dewasa beliau menjalankan perdagangannya sampai ke Bahrain, Yaman, Jorasy, dan Habasyah. Nabi merupakan pedagang profesional yang sangat mengenal kota-kota di negeri yang beliau kunjungi.
Setelah diangkat sebagai Rasul, Muhammad dan istrinya: Khadijah banyak memberi dan berkorban…. Nabi memberikan waktunya secara penuh kepada dakwah, tabungan dari perdagangannya beliau gunakan untuk biaya dakwah. Kendati demikian, orang-orang pertama yang direkrut Nabi juga dari kalangan orang kaya semisal Abu Bakar As Shiddiq, Utsman bin Affan, Abdurrahmaan bin Auf, dan sebagainya. Karena itu dalam kehidupan Rasulullah dan para sahabat beliau kegiatan ekonomilah yang membiayai dakwah, bukan kegiatan dakwah yang dijadikan sumber penghasilan membiayai para juru dakwahnya.
Para ulama salaf pun terkenal sangat memperhatikan ekonomi untuk menunjang kegiatan dakwah. Imam Abu Hanifah merupakan pedagang kain yang terkenal, demikian juga ulama lain seperti Abdullah bin Mubarok, Al Waroq (pedagang kertas) dan Ad Dzujaj (pedagang kaca). Bahkan para juru dakwah yang datang ke kepulauan Nusantara dahulu pun adalah para pedagang antar pulau dari Arab, Parsi, dan Gujarat. Mereka membawa kain dan peralatan rumah tangga ke Nusantara dan membawa rempah-rempah ke negeri asalnya……
Gerakan-gerakan dakwah Islam sepanjang sejarah sangat memperhatikan peningkatan dan pengembangan ekonomi. Sebab Al Qur-an telah menyatakan bahwa Jihad harus dibangun bil-amwal wal anfus.
Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan
Allah, mereka itulah orang-orang yang benar((QS. 49. Al Hujurat:15)
maka dengan dalil ini kami berusaha mendirikan :
1.Koprasi Al-Hikmah Sepauk- Ketua : WIDARTO,S.Pd
2.Burung Walet -Pengelola :H.Jumhadi
3.TABUNGAN AL-HIKMAH No. Rekening BRI :485701011822535 A.n Yayasan Perguruan  Alhikmah Sepauk
4. VALAS –Trading Tenang Senang Forex Jabbarullah  sepauk-Sintang ,Pengelola Dana :
-Sohtian Esmarno,S.Pd, -Uray Mursalin,S.Pd
-M.Isa S.Pd- Maulidin,Sp- Ferry HIDAYAT,Eki Yolanda(Master Trader Sepauk)
-Nomor akun Trading Forex :3185114(Forex Syari’ah Tanpa Swap)
-Nama Account Trading Forex :Yayasan Perguruan Alhikmah Sepauk
-Tujuan Pengiriman Rebate(Premi bagi hasil) dan Withdrawal(Pencairan Dollar ke Rupiah)BANK : BRI
-No. Rekening BRI :485701011822535 A.n Yayasan Perguruan Alhikmah Sepauk

C.ILMU JAGA DIRI AL-HIKMAH/ILMU SELAMAT DUINIA-AKHIRAT
Dalam Hidup ini kita harus punya ilmu jaga Diri , karena Kejahatan dan kemaksiatan yang saat ini sudah merajalela ,keselamatan diri,keluaraga dan harta perlu diselamatkan.untuk itu kami berikhtiar memperaktekan :
1- Juruz Al-hikmah 
2. Senam  Al-hikmah 
3. Kethobiban Doa dan Zikir  Al-hikmah 
“DI DALAM tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat,” begitulah bunyi sebuah jargon yang sangat populer di era 90-an untuk memotivasi murid-murid sekolah antusias berolahraga dan senam
allah berfirman firman-Nya;
فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ اللّهُ مَرَضاً وَلَهُم عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ
“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakit mereka.”
(QS. Al-Baqarah [2] : 10).
Kemudian,
وَمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ إِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِينَ كَفَرُوا لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَاناً وَلَا يَرْتَابَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْمُؤْمِنُونَ وَلِيَقُولَ الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ وَالْكَافِرُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ
“Supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan): “Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?” (QS. Al Muddatsts [74] : 31).
Adapun terkait dengan penyakit syahwat dapat dilihat dalam firman-Nya;
يَا نِسَاء النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِّنَ النِّسَاء إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلاً مَّعْرُوفاً
“Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (QS.Ahzab [33] : 32).
2- Juruz jaga diri Al-hikmah asli....dari guru Hikmah...
Allah Ta’ala berfirman dalam : Surat Al-Ma’idah Ayat 11
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ هَمَّ قَوْمٌ أَنْ يَبْسُطُوا إِلَيْكُمْ أَيْدِيَهُمْ فَكَفَّ أَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ
 Artinya: Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan nikmat Allah (yang diberikan-Nya) kepadamu, di waktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, dan hanya kepada Allah sajalah orang-orang mukmin itu harus bertawakkal.(Al-Ma’idah Ayat 11)

Surat Al-Anfal Ayat 17
 فَلَمْ تَقْتُلُوهُمْ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ قَتَلَهُمْ ۚ وَمَا رَمَيْتَ إِذْ رَمَيْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ رَمَىٰ ۚ وَلِيُبْلِيَ الْمُؤْمِنِينَ مِنْهُ بَلَاءً حَسَنًا ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Artinya: Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Al-Anfal Ayat 17)

Allah Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Anfal Ayat 60):
وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ
Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (Surat Al-Anfal Ayat 60)

وإِذَا رَأَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ أَجْسَامُهُمْ ۖ وَإِنْ يَقُولُوا تَسْمَعْ لِقَوْلِهِمْ ۖ كَأَنَّهُمْ خُشُبٌ مُسَنَّدَةٌ ۖ يَحْسَبُونَ كُلَّ صَيْحَةٍ عَلَيْهِمْ ۚ هُمُ الْعَدُوُّ فَاحْذَرْهُمْ ۚ قَاتَلَهُمُ اللَّهُ ۖ أَنَّىٰ يُؤْفَكُونَ
Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya) maka waspadalah terhadap mereka; semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran)?(QS. Al-Munafiqun: 4) 
 LEGALITAS :
1.SEKRETARIAT MAJELIS TAKLIM YAYASAN PERGURUAN AL-HIKMAH CABANG SINTANG-SEPAUK
Perawat (Guru Mursyid)Resmi : KH.BASTAMAN,B.Sc
(PERAWAT/Guru RESMI Organisasi Yayasan Perguruan Al-Hikmah Wilayah Kalimantan Barat dengan SK No.09.YPAPR.KLB.IX.1992)
Ketua : Kardiasyah ( SK No.10/YPA/SKEPIX/2017 NIK: 6105032606770002)
No.HP : 081257358806, 085821035041
No. Rekening BRI : 4857-01-011822-53-5 Atas Nama Yayasan Perguruan Alhikmah Sepauk
Alamat : Dusun Batu Belian RT/RW/08/04 Desa Tanjung Ria
Kec.Sepauk Kabupaten Sintang Prov.Kalimanatan Barat
No. Rekening BRI                                   :4857-01-011822-53-5 Atas Nama Yayasan  Perguruan
Al-hikmah Sepauk

2.SEKRETARIAT YAYASAN PERGURUAN AL-HIKMAH WILAYAH KAL-BAR:
JL.TANJUNG RAYA II KOMPLEKS BALI LESTARI BLOK J NO.1 PONTIANAK KALIMANTAN BARAT
Ketua /Perawat : KH.BASTAMAN,B.Sc
(Ketua /PERAWAT RESMI Organisasi Yayasan Perguruan Al-Hikmah Wilayah Kalimantan Barat dengan SK No.09.YPAPR.KLB.IX.1992 NIK:6171030311570002)
No. Rekening BRI : 0207-01-003797-50-9 Atas nama H.BASTAMAN,B.Sc

3.SEKRETARIAT  PUSAT  YAYASAN PERGURUAN AL-HIKMAH DKI JAKARTA
JL.PALA RAYA    RT/07RW/02 NO.98 KEL.LUBANG BUAYA  KEC.CIPAYUNG
KOTA ADMINISTRATIF JAKARTA TIMUR
TELP.0856 9329 9708,0898 9313 409,0812 8072 5920,0851 0099 5956
Ketua Umum                                         : Brigjen(Purn.TNI) H.Nurhadi Purwosaputro,M.Sc
NIK                                                          : 3175072811380004
BERBADAN HUKUM BERDASARKAN SK MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA RI :
Nama Yayasan                                           : Perguruan Al-Hikmah
NPWP  Yayasan                                         : 81.337.708.2-031.000
Nama Notaris                                         : Ade Irvanni,SH
Nomor dan Tanggal Akta                      : 02 Dan 28 Juli 2016
NO.AKTE NOTARIS                               : 02  Tahun 28 Juli 2016
SK.KEMENKUMHAM                           : AHU-0030662.AH 01.04 Tahun 2016 dan 04 Agustus 2016
DKI    JAKARTA
CONTAK PERSON;
-085881234697 BANGUN PERLIN
-087884640378 AHMAD
-08561333357 SUPRIYATO

No comments:

Post a Comment

Featured Post

SEJARAH MENGAPA HARI IBU DI PERINGATI 22 DESEMBER

 MENGAPA TANGGAL 22 DESEMBER? ENGAPA TANGGAL 22 DESEMBER? jalanillahi92.com- Penetapan 22 Desember sebagai peringatan Hari Ibu mengacu...

Popular Posts